Google Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 30 Maret 2011

Cuek Bukan Berarti Tidak Cinta (pengalaman pribadi)

sikap seperti ini biasanya hanya dimiliki oleh orang-orang cuek yang keliatan masa bodo. tapi bukan berarti di hati mereka itu mereka tidak punya cinta. sikap orang cuek memang biasanya 99% bikin orang bete. tapi bukan maksud mereka bikin orang bete.

orang cuek juga bisa cinta sama lawan jenis. hanya saja cara mereka menunjukannya agak berbeda, mereka punya cara sendiri untuk nunjukkin rasa cintanya.

orang cuek memang selalu terlihat menyebalkan, apalagi di mata pasangannya. mereka keliatan tidak peduli sama perasaan pasangannya. padahal dalam hatinya mereka peduli. sangat-sangat peduli. hanya saja mereka tidak tahu bagaimana cara menunjukan rasa pedulinya itu.

mereka ingin melihat kamu senang atau bahagia, tapi kenyataannya mereka malah selalu membuat kamu bete gara-gara sikap cueknya itu. mereka ingin membahagiakan kamu, tapi tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk buat kamu bahagia.

terkadang mereka melakukan hal yang kamu tidak suka berulang kali. itu bukan maksud mereka bikin kamu jengkel, tapi itu karena sifatnya yang seharusnya kamu bisa menerima kelemahannya di bidang perhatian.

kadang orang-orang cuek terlihat menyebalkan di mata pasangannya. mereka tidak pernah menunjukan rasa cemburu saat kamu lagi dekat sama cowo lain. tapi jika kamu tahu, dalam hati mereka rasanya seperti meledak, ingin teriak sekencang-kencangnya bahwa mereka takut kehilangan kamu. tapi mereka tidak bisa melakukan itu.

kadang juga mereka terlihat seperti tidak peduli saat kamu sedih. padahal sebenernya mereka tidak ingin melihat kamu sedih. rasanya mereka ingin memeluk kamu, menghapus air mata kamu, dan bilang, "jangan sedih lagi ya sayang. kan masih ada aku yang sayang kamu." atau kata-kata sejenis itu. tapi yang akhirnya keluar dari mulut mereka, "udah, gak usah nangis. jangan dipikirin."

kalo kamu ngediemin atau balik nyuekin mereka, kadang mereka diem2 aja dan tetep keliatan cool di depan kamu seakan-akan gak terjadi apa2, tapi asal kamu tau, di belakang kamu mereka menangis, dan bertanya-tanya,"apa salahku? maafin aku nggak bisa membuatmu bahagia.

orang-orang cuek biasanya jauh dari kata romantis. mereka memang tidak bisa ngebuai kamu dengan sikap-sikap romantisnya. tapi percaya lah, mereka sebenarnya berusaha untuk bisa terlihat romantis walaupun bagi kamu itu belum romantis. misalnya mereka berusaha menahan ngantuk hanya untuk mengucapkan selamat ulang tahun saat jam 12 malam pas hari ulang tahun kamu. atau mungkin bikin kejutan-kejutan kecil yang buat kamu tidak berharga sama sekali. padahal butuh perjuangan buat mereka ngelakuin itu.



mereka jarang sms atau telpon kamu. bahkan untuk sekedar nanya, "sayang, lagi ngapain? udah makan belum?" itu rasanya berat banget. tapi bukan berarti mereka gak mikirin kamu. mereka cuma bisa bertanya-tanya dalam hati. "gimana kabarnya hari ini?", "dia lagi apa ya?", "udah makan belom dia ya?", "lagi sama siapa ya?" mereka cuma nungguin kamu yang ngasih kabar ke mereka. dan waktu kamu udah ngasih kabar, hati mereka rasanya lega karena semua pertanyaan di hatinya sudah terjawab.

 ada orang cuek yang jika suka sama seseorang, tidak mau menunjukan perasaannya ke orang itu. bahkan sampai orang itu lelah menunggu pernyataan cinta dan akhirnya punya pasangan baru, mereka hanya gigit jari dan tidak bisa melakukan apa-apa untuk menyatakan perasaannya jika mereka benar-benar cinta sama orang itu.

sebenernya orang-orang cuek itu benar-benar tidak mau kehilangan orang yang di sayang, sama seperti orang-orang normal lainnya. tetapi, mereka tidak bisa menahan kamu saat kamu bilang udah gak tahan sama sikapnya yang cuek. mereka cuma bisa pasrah ngeliat kamu pergi. tapi percayalah, dalam hati mereka, mereka benar-benar cinta dan sayang kamu.

mereka hanya ingin yang terbaik buat kamu. agar kamu bisa bahagia, bukan menderita hidup sama orang cuek seperti mereka.

 

Senin, 28 Maret 2011

Jejaring Sosial dan ...................

Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan.  Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis.  Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow).
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet.. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
Dengan adanya situs jejaring sosial ini juga banyak membantu masalah pada masyarakat umunya, seperti misalnya untuk mencari teman, mencari jodoh, mencari teman lama, dan sebagainya. Situs jejaring sosial juga banyak membantu aparat penegak hukum untuk menyelidiki kasus-kasusnya, atau banyak juga digunakan oleh perusahaan untuk melihat latar belakang karyawannya dan yang sedang menjadi tren saat ini adalah untuk mengumpulkan massa dalam mengadakan demo. Dari situs jejaring sosial juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan perdagangan, seperti banyak yang telah kita ketahui saat ini, berbagai pedagang menawarkan barangnya via situs jejaring sosial, serta berbagai macam yang bisa dilakukan dengan situs jejaring sosial, anda juga bisa masuk ke dalam hotel prodeo jika menyalah gunakannya. Kemajuan teknologi yang semakin baik ini memberikan keuntungan di berbagai kalangan, tidak heran jika keberadaannya pun juga kadang merugikan beberapa kalangan, seperti misalnya telpon rumah, kapan terakhir kali anda menggunakannya?
Saya sendiri juga telah mengalami banyak hal dengan situs jejaring sosial, dari kabar baik hingga kabar yang sangat buruk pernah saya dapatkan dari sana. Seperti contoh misalnya, saya memiliki sebuah akun si situs yang sudah sangat terkenal keberadaannya, bloger. Dari sana saya mendapatkan beberapa teman, dan juga mendapatkan sahabat yang saat ini menjadi tempat saya menceritakan segala permasalahan yang saya hadapi. Berawal dari blog, kemudian lanjut ke facebook. Ya, itulah kami, seseorang yang tidak mengenal satu sama lain, tetapi dengan adanya situs jejaring sosial ini kita menjadi lebih mengenal satu sama lain, memahami dan saling mengerti individu masing-masing walaupun kita tidak pernah bertemu. Aneh memang, sahabat yang tidak pernah bertemu, tetapi seperti sudah sangat dekat dan sudah sangat mengerti, bukan kami tidak ingin bertemu dan bertatapan muka secara langsung, tetapi kami memang lebih memilih untuk tidak bertemu secara disengaja.  Banyak hal yang bisa kita ceritakan bersama, dari hal yang mulai sangat sederhana, sampai kepada titik yang sangat membingungkan seperti bagaimana caranya membangun saluran air yang baik yang ada di negara luar seperti Jepang, atau bagaimana cara membangun jembatan. Tapi itulah kami, menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk saling bercerita,bertukar pikiran, membahas sesuatu biasa saja yang kemudian menjadi sangat luar biasa, saling memberi semangat, dan banyak hal lain lagi yang sering kita lakukan bersama. Inilah kita, manusia yang saling mengenal karena situs jejaring sosial.
 
happy birthday langstrump :-)




Jumat, 25 Maret 2011

EARTH HOUR: Sebuah Petisi Global


EARTH HOUR: Sebuah Petisi Global
- Isu utama
Perubahan iklim merupakan salah satu ancaman kehidupan di Bumi yang paling signifikan. Salah satu cara untuk menghambat percepatan pemanasan global adalah dengan mengajak setiap individu melakukan perubahan gaya hidup. WWF mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah, yaitu hemat energi.

Ketergantungan manusia kepada listrik dari masa ke masa semakin meningkat. Sementara, pembangkit listrik yang mayoritas dibangun di semua negara berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang notabene mengeluarkan CO2 atau gas rumah kaca dan telah terbukti secara ilmiah berakibat langsung terhadap kenaikan dramatis temperatur rata-rata Bumi. Hal itu menyebabkan naiknya permukaan air laut, perubahan iklim, dan potensi kepunahan yang besar terhadap keanekaragaman hayati. Dampak pemanasan global ini sudah dipastikan akan mempengaruhi lingkungan hidup yang menjadi tempat hidup kita.

Sebagai negara berkembang yang banyak bergantung pada potensi sumber daya alam dan membutuhkan listrik untuk mendukung pembangunan, Indonesia harus menjaga kebutuhan ekstraksi alamnya agar tidak berkontribusi besar menjadi salah satu pengemisi terbesar di dunia, dan tetap dapat melanjutkan upaya memenuhi kebutuhan penduduk yang makin besar setiap tahun, termasuk dari sisi energi.







- Solusi
Diperlukan suatu kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi melakukan aksi kecil yang dapat membawa perubahan besar.

- Apa itu EARTH HOUR?
EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya. Tahun ini, Earth Hour dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2011 pukul 20.30 - 21.30 (waktu setempat).

EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik.

- Apa pengaruh EARTH HOUR?
Pada tahun 2008, 50 juta orang di 35 negara mematikan lampunya dalam aksinya mendukung EARTH HOUR.
Pada tanggal 28 Maret 2009, ratusan juta orang di lebih dari 4000 kota besar dan kecil di 88 negara di seluruh dunia mematikan lampunya mendukung EARTH HOUR. EARTH HOUR 2009 dan 2010 menjadi gerakan lingkungan terbesar dalam sejarah.

- Apa target EARTH HOUR 2011?
Tujuan utama kampanye EARTH HOUR tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu untuk melanjutkan target efisiensi energi dan perubahan gaya hidup di kota-kota besar di dunia dengan konsumsi listrik tinggi, dan berusaha mengaitkannya dengan potensi sumber energi baru terbarukan yang lebih bersih dan berdampak minimal pada lingkungan.
Pada intinya, kampanye ini mengingatkan semua orang bahwa bergaya hidup hemat energi tidak cukup hanya dengan berpartisipasi di EARTH HOUR saja, tetapi aksi kecil ini harus terus dibuktikan setiap hari untuk secara efektif mengurangi gas rumah kaca, dan diikuti dengan mengubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, seperti: menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk bepergian, hemat air, menanam pohon, dan lain-lain

Dalam jangka panjang, diharapkan EARTH HOUR mengangkat dan memancing semangat kepemimpinan di semua sektor agar bisa diadaptasi oleh pemerintahan dan korporasi di negara-negara partisipan untuk secara signifikan memasukkan efisiensi energi dan penggunaan sumber energi baru terbarukan sebagai bagian dari kebijakan yang mereka miliki supaya penurunan emisi gas rumah kaca bisa dilakukan secara komprehensif.

Jadi EARTH HOUR tidak bisa berhenti di 1 jam saja, melainkan diharapkan bisa diadaptasi oleh pemerintahan di negara-negara partisipan dan publik yang telah berkomitmen menjadi partisipan.

THIS EARTH HOUR, GO BEYOND THE HOUR
Turn off your lights for EARTH HOUR, then keep taking action to make a difference
Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup!


- Target :
» Mencapai lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia di lebih dari 5000 kota.
» Melibatkan komunitas-komunitas di lebih dari 6000 kota kecil dan kotamadya serta bekerjasama dengan banyak massa.
» Mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan.
» Memberikan mandat dari total dukungan yang terkumpul kepada para pemimpin dunia sehingga dapat membuat perubahan yang berarti.

EARTH HOUR Indonesia - Jakarta

- Kenapa Jakarta?
Konsumsi energi Listrik di Indonesia terfokus di Jawa - Bali atau sebesar 78% dari total keseluruhan konsumsi listrik nasional, karena 68% konsumennya berada di pulau Jawa-Bali. Bagian Indonesia yang lain mendapatkan porsi yang lebih kecil.

Berdasarkan data konsumsi listrik tahun 2008, total 29.605 GWH atau 23% total konsumsi listrik Indonesia, terfokus di DKI Jakarta dan Tangerang.
Pendistribusiannya ke beberapa sektor terbagi menjadi:

» Rumah tangga : 33%
» Bisnis/perkantoran serta gedung komersial : 30%
» Sektor industri : 30% (kebanyakan di wilayah Tangerang)
» Gedung pemerintahan : 3%
» Fasilitas publik dan sektor sosial : 4%

Total keseluruhan konsumsi listrik sebesar 29.605 GWH atau sama dengan 26,4 juta ton CO2 (Riset DJLPE 2004-2006 tentang emisi CO2 dari produksi listrik: 0,891/MWh)

- Seberapa besar pengaruh EARTH HOUR bagi Jakarta?
Dengan mematikan lampu-lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai selama 1 jam dapat memberikan kontribusi kepada penghematan listrik di Jakarta serta mendukung program efisiensi energi yang diinisiasi pemerintah pada pukul 17.00 - 22.00.

Apabila 10% penduduk Jakarta berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh, yakni setara dengan:
» Mematikan 1 pembangkit listrik dan menyalakan 900 desa
» Menghemat 267,3 ton CO2
» Menghemat lebih dari 267 pohon (1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya)
» Persediaan O2 untuk lebih dari 534 orang (1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya)
» Apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ = menghemat hingga Rp 216.600.000,-
** 10% penduduk Jakarta diasumsikan 700 ribu orang mematikan 2 lampu setiap rumah.


- EARTH HOUR merupakan momentum strategis untuk :
» Mengingatkan masyarakat bahwa terjadinya perubahan iklim juga berasal dari penggunaan pembangkit listrik berbahan bakar fosil
» Mempromosikan energi efisiensi di kota dengan populasi dan konsumsi listrik yang boros.
» Menciptakan dan memicu kesadaran masyarakat tentang gaya hidup hemat energi di kota-kota besar di Jawa-Bali, krisisnya pasokan serta distribusi listrik, dan juga potensi sumber-sumber listrik di Indonesia yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat lokal, dalam perspektif yang lebih luas juga dapat memberikan stimulasi perubahan perilaku serta insentif bagi perekonomian.

- Apakah ada kebijakan yang mendukung EARTH HOUR Indonesia?
» UU no.30 Tahun 2007 mengenai Energi
» Instruksi presiden no.5 tahun 2006 mengenai kebijakan efisiensi energi
» Instruksi Presiden no.5 tahun 2005 mengenai efisiensi energi
» Instruksi Presiden no.2 tahun 2008 mengenai efisiensi energy dan air
» Peraturan Gubernur no.70 tahun 2009 mengenai konservasi energi
» Instruksi Gubernur DKI Jakarta no.73 tahun 2008 tentang Implementasi energi dan efisiensi air.
» Kebijakan Gubernur DKI Jakarta no.33 tahun 2008 tentang kriteria pemanfaatan energi dalam bangunan berpendingin udara
» Peraturan Pemerintah lainnya mengenai Perubahan Iklim dari Departemen terkait dan Dewan Nasional Perubahan Iklim.


Tujuan Kampanye EARTH HOUR 2011
» Menjaring sebanyak-banyaknya individu, rumah tangga, dan bisnis untuk ikut mematikan lampu sebagai simbol kontribusi mereka terhadap perubahan iklim
» Mengedukasi masyarakat mengenai ancaman pemanasan global dan apa yang bisa setiap individu lakukan untuk membuat suatu perubahan dalam kehidupan mereka sehari-hari dalam mengurangi emisi mereka
» Menjaring partisipasi korporasi untuk mengomunikasikan EARTH HOUR, baik staf maupun jejaring eksternal untuk berkomitmen mematikan lampunya pada jam yang ditentukan dan melakukan perubahan kebijakan dalam pengunaan energi
» Mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan
» Memberikan preseden baik agar EARTH HOUR dilakukan setiap tahun
» Mengukur perubahan emisi gas rumah kaca di Jakarta
» Memperoleh kurang lebih 500,000 orang pendukung EARTH HOUR, melalui kampanye online EARTH HOUR Indonesia di web, facebook twitter, dan mailing list
» Kegiatan komunitas masyarakat di Jakarta dan 4 kota besar lainnya di wilayah Jawa-Bali (Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bali)
» Dukungan dari Walikota 5 wilayah DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Presiden, Menteri Lingkungan Hidup, dan Dewan Nasional Perubahan Iklim
» Dukungan dari pemerintah daerah dan publik di kota-kota besar lain yang menjadi target EARTH HOUR
» Ikon yang dimatikan : monumen - monument terkenal di Jakarta dan gedung pemerintahan di Jakarta dan sekitarnya

Pesan Kampanye
Matikan Lampu pada Sabtu 26, Maret 2011, pukul 20.30 - 21.30 (waktu setempat). Kami mengharapkan jutaan orang di seluruh dunia mematikan lampunya selama 1 jam sebagai pernyataan global. Tunjukkan bahwa kamu peduli perubahan iklim. Tindakan kecil dapat membuat perubahan besar.

Target Audience
- Pemerintah
a. Pemerintah propinsi DKI Jakarta & pemerintah daerah di propinsi Jawa - Bali
b. Sekretariat Kepresidenan, KemenLH, KemenESDM, DNPI, DEN, PLN/Indonesia Power

Pesan:
EARTH HOUR DIADAPTASI OLEH PEMERINTAH
-> Seperti halnya Car Free Day yang disadari kebutuhannya oleh para pembuat kebijakan kota dan publik yang tinggal di kota-kota tersebut.

- Sektor Komersial (Bisnis/Perkantoran dan Mal
Pesan:
MATIKAN LAMPU & AC
-> Earth Hour adalah pemicu dan bukti perubahan yang mudah dilakukan dan murah
-> Gerakan awal untuk Green Office dan menurunkan emisi CO2 dalam jangka panjang

- Rumah Tangga Kalangan Menengah ke Atas
Pesan:
MATIKAN LAMPU & ALAT ELEKTRONIK YANG TIDAK SEDANG DIPAKAI
-> Perubahan gaya hidup - tidak hanya hemat energi saja tetapi juga bergerak ke arah hidup cerdas dengan sumber daya dan pengelolaan sampah.

Ubah Dunia dalam 1 jam, matikan lampu
Sabtu, 26 Maret 2011. Pukul 20.30 - 21.30

Senin, 21 Maret 2011

Aku Menyesal.

Tidak tahu bagaimana dan dari mana harus memulainya, tetapi aku menyesal. Menyesal untuk beberapa hal yang seharusnya tidak perlu terjadi jika aku bisa belajar dari pengalaman. Seperti bermain judi yang seharusnya dapat memenangkan permainan bila tidak bermain kartu AS tetapi malah kalah karena memainkannya. Untuk beberapa hal memang aku akui aku menyesal dan kalah dan bahkan penyesalan tersebut terus berulang. Hingga aku menjadi ragu atas jalan yang telah aku pilih.
Seperti malam ini aku bercerita dengan sangat dalam bersama kawan lama dan merupakan salah satu yang terbaik, kawan yang dapat berjalan seirama denganku dalam pikiran maupun tindakan, yang mengerti bagaimana hidupku saat aku mulai bergerak menjadi seperti ini sampai saat aku berhenti dan mengakhiri semua.
Seperti dulu juga kita berbincang dengan ditemani satu penuh teko kopi panas dan pahit serta beberapa bungkus rokok sebagai penambah hangatnya suasana untuk bercerita. Dulu sampai sekarang dimana kita telah berevolusi menjadi seperti ini, dimana kita tidak lagi menikmati indahnya terbang, tetapi mulai menikmati setiap inchi bumi dengan jemari, mencoba mengerti tentang esensi hidup ini dan sampai saat ini kita harus berjuang sendiri untuk tetap bertahan hidup pada dunia yang semakin rumit ini. Tetapi kita masih tetap sama, tetap mempunyai mimpi yang sama walau keadaan telah berubah, walau keadaan mungkin sudah tidak lagi berpihak pada kami. Dia dan aku sama, kita agak sedikit kurang beruntung dalam kehidupan ini, kita sama-sama mempunyai masa lalu yang keras yang membuat kita terus belajar untuk bertahan.
Tepat pada malam ini dia juga memberi ku sedikit penyesalan, penyesalan tentang hal yang sama, membuat aku terjatuh semakin dalam. Sekali lagi aku akui aku kalah, bukan aku tidak ingin membela diriku, tatapi aku lebih memilih untuk diam dan membiarkan penyesalan ini terus berjalan bersamaku, aku bisa menikmatinya.
Masih ada harapan diantara kami, harapan untuk dapat terbang lagi seperti dulu, tetapi dalam langit yang cerah menuju kehidupan, bukan langit gelap menuju kematian. Untuk yang satu ini aku yakinkan untuk tidak akan menyesal lagi, aku berharap.

Minggu, 20 Maret 2011

just writing.

Ini bukan yang pertama kalinya aku berjalan dari ujung pulau Jawa hingga sampai ke ujung pulau Jawa lagi, tetapi ini sudah menjai perjalanan yang sekian kali aku lakukan. Aku tak pernah bosan untuk melakukan perjalanan ini, tak pernah pula aku merasa jenuh dalam perjalanan, walau mungkin sesekali aku juga merasakannya. Entah kenapa aku senang sekali menggunakan perjalanan darat, terutama menggunakan bus, sepeda motor atau mobil. Aku tidak suka dengan kereta api, karena hanya perjananan lurus yang aku tahu saat naik kereta api, jika melihat keluar jendela juga hanya sawah dan pepohonan yang aku lihat, hanya sesekali saja melihat kehidupan kota. Mungkin inilah yang menjadi alasan kuat kenapa aku tidak suka naik kereta api. Melakukan perjalanan udara juga sangat tidak menyenangkan untuk ku.
Melakukan perjalanan darat selain menggunakan kereta api akan sangat menyenangkan, karena kita akan disuguhi berbagai keadaan yang berbeda di setiap meternya. Jika melakukan perjalanan panjang seperti dari Malang ke Jakarta misalnya, kita akan disuguhi oleh berbagai macam suku yang ada di Indonesia ini, tanpa kita sadar kita juga telah melewati lintas bahasa. Berbagai daerah yang ditawarkan juga memiliki ciri khas sendiri, seperti kota Semarang misalnya, kehidupan malamnya sangat sepi, tetapi dibalik semua itu ada suatu kehidupan malam yang tidak perlu aku kisahkan dalam cerita ini, kehidupan malam yang sangat berbeda dari keadaan kotanya. Hal yang sama juga terjadi di Batang atau yang lebih dikenal dengan Alas Roban, sebuah daerah yang sangat sepi, tetapi didalamnya memiliki cerita yang sangat menarik untuk dikisahkan, tetapi aku juga tidak akan menceritakannya disini. Silahkan kalian cari sendiri kisahnya di mbah google. Berbeda dengan kota Kudus dan Solo, kota ini terlihat sangat tenang, sangat damai di malam hari, begitu menyenangkan sepertinya melihat rumah-rumah penduduk berjejer rapi dan kesemuanya telah menutup pintu dan jendela rapat-rapat, seolah mereka benar-benar tidur dan tidak ingin diganggu hingga ke-esokan harinya mereka bangun dan melakukan segala kegiatannya, sesekali terlintas dalam pikiran ku apa yang sebenarnya sedang mereka lakukan dibalik sana, hingga membuat kota ini benar-benar terlihat sangat tenang. Hingga akhirnya aku disambut oleh matahari pagi Jakarta, matahari yang sepertinya sangat bersemangat untuk membakar kota, tidak ketinggalan juga tentang macetnya. Inilah pulau Jawa yang tersimpan berbagai cerita didalamnya yang memiliki cerita disetiap kotanya dan memiliki keindahan masing-masing yang benar-benar membuat aku tidak pernah bosan untuk melakukan lintas kota dan provinsi.
Selalu aku menyimpan sebuah harapan saat melakukan perjalanan, harapan yang selalu aku pikirkan saat melakukan perjalanan, melakukan tatapan kosong keluar jendela dan melihat-lihat kenyataan sambil tersenyum atau bahkan membungkam bibirku sampai tak tahu aku harus bagaimana, harapan akan yang akan kulakukan saat aku tiba disana harapan yang benar-benar membuat ku harus kembali. Tetapi entah kenapa kali ini aku melakukan lintas Jawa harapan itu seperti kosong, seperti hampa yang tidak mungkin diwujudkan. Hingga aku sadar bahwa inilah kenyataan, kenyataan yang memang harus dihadapi. Tetapi setidaknya aku masih memiliki harapan untuk segera menyelesaikan tugas akhir ini, dan membuktikan kepadanya.

Selasa, 15 Maret 2011

Tempat yang Berbeda Waktu yang Sama.

Inilah satu hal yang membuat saya dan semuanya sangat membingungkan. Bagaimana mungkin saya harus berada ditempat yang berbeda dalam waktu yang sama. Di suatu tempat saya dibutuhkan untuk menemani seseorang yang sedang sendiri, di suatu tempat yang lain saya harus menyelesaikan masalah saya dengan segala kesulitannya yang tidak mungkin dapat diselesaikan dalam satu hari. Serba salah memang, tapi mau bagaimana lagi? Karena saya memang hanya ada satu di dunia ini, bukan seperti di dunia kartun yang bisa menggandakan diri dalam waktu yang sama. Tetapi saya juga ingin berada di tempat yang berbeda dalam waktu yang sama, agar semuanya menjadi adil, agar semuanya dapat ditepati. Tapi bagaimana caranya? Semakin rumit saja sepertinya hidup saya yang hanya sebentar ini. Atau mungkin saya seseorang yang tidak bisa menjadwalkan sesuatu? Atau lingkungan sekitar dan semuanya yang tidak bisa mengatur waktu, sehingga membuat jadwal ini menjadi berubah? Berharap saya bisa ada dilain kesempatan.

Rabu, 02 Maret 2011

11 Manfaat Blog

1. Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized - untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.

2. Personal Branding
Personal Branding atau self positioning -memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Apa yang anda ingat ketika mendengar “Bapak Blogger Indonesia”? Enda Nasution! Bayangkan jika seorang potential client berkata “Siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? Dengan blog -dan strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan apa megapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.

3. Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi *halah*: Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dll.

4. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.

5. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.

Tips: Buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile anda. Orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.

6. Mendapatkan Penghasilan
Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:

Direct Income – Blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll.
Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.

7. Stress Release, Emotion Release
Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan? Hey, blog memfasilitasi hal tersebut. Tapi selalu ingat aturan emasnya: Jangan berlebihan. Jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.

8. Media Memberi, Media Sharing
Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.

9. Jurnal Catatan Kehidupan Anda
Catat semua yang anda rasakan dan publikasikan di blog anda. Suatu hari di kehidupan anda kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. Kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu. Kenangan lama bersemi kembali gitu loh

10. Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan
Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang anda tulis. Pendapat orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kan?

11. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika anda bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi -corporate blogging-, salah satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa baca definisi blog disini.